cerita bri life
Menjaga "Mood" Baik Saat Bekerja

Kamu pernah mengalami kehilangan mood saat bekerja? Kalau iya, kamu tak sendirian, karena tentu banyak yang pernah mengalaminya. Terus bagaimana solusinya? Simak tips berikut ini, ya.

Dapatkan Tidur Berkualitas

Berdasarkan hasil penelitian Lydia DonCarlos, PhD, dari Loyola University Chicago, salah satu ahli yang membuat rekomendasi berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan seseorang melalui Hallosehat, ideal jam tidur orang dewasa adalah 7-8 jam perhari. Kalau kurang dari jumlah tersebut, kemungkinan besar rasa kantuk akan datang saat kamu tengah bekerja. Tentu saja ini akan membuatmu tak fokus dan kehilangan mood. Caranya mendapatkan tidur berkualitas mudak kok, yaitu biasakan untuk pergi dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Kamu juga bisa membuat jadwal tidur dan jadwal bangun dengan bantuan alarm.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang kamu konsumsi adalah bekalmu untuk beraktivitas. Maka dari itu, pastikan makanan bergizi cukup, seperti buah-buahan segar dan sayuran hijau yang mengandung vitamin B, C, E dan magnesium, di antaranya jeruk, wortel, dan bayam. Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan tersebut dianggap mampu menjaga konsentrasi dan memengaruhi mood. Satu lagi yang tak kalah penting, jangan biarkan perutmu kosong, setuju?

 

 

Olahraga Ringan

Sempatkan juga berolahraga agar tubuh menjadi tidak mudah lelah dan pikiran lebih segar karena peredaran darah ke otak lancar. Kalau kamu merasa sulit berolahraga di tengah kesibukan, kamu dapat menyiasatinya dengan peregangan dan olahraga ringan sambil bekerja. Atau kamu bisa berolahraga sambil berangkat kerja? Menggunakan sepeda misalnya, seru dan menyehatkan pastinya.

 

Rapikan Meja

Terdengar sepele tapi mungkin sulit dilakukan. Padahal, kerapian meja kerja akan membuat nyaman dan kerja menjadi lebih kondusif. Untuk menambah semangat, kamu juga bisa meletakkan barang-barang favoritmu di sana. Intinya jangan sampai mejamu tak beraturan yang bisa membuat tidak betah sehingga konsentrasimu terganggu dan mood jadi jelek. 

 

Bersosialisasi dan Hibur Diri

Jangan diam saja di meja, apalagi kalau kondisi sedang buntu. Lebih baik beranjak, jalan-jalan sebentar, dan mengobrol ringan dengan rekan-rekan kerjamu. Rehat sejenak seperti ini akan #BeRIketenagan pada dirimu dan membuat mood membaik. Dan tak ada salahnya, sesekali kamu menghibur diri dengan melakukan hal lain di luar pekerjaan, seperti menonton Youtube, bermedia sosial , ataupun streaming biar rileks.

 

Semuanya cukup mudah kan dilakukan? Jadi, mulai sekarang jangan ada lagi ya kinerja kurang maksimal akibat mood yang sedang jelek.