LegalitasContent2

Document

Pemberitahuan Privasi

PT Asuransi Brilife

Efektif berlaku sejak : 21 Desember 2023

Kami PT Asuransi BRI Life (“BRI Life” atau “Kami”) sangat menghargai kepercayaan Anda sebagai pengguna layanan kami. Pemberitahuan Privasi ini dirancang untuk menjelaskan bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, mengungkap, menyimpan dan melindungi informasi pribadi Anda saat Anda menggunakan produk dan layanan kami.

Kami berkomitmen untuk menjaga privasi Anda dan melindungi data pribadi Anda sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Kami juga berusaha untuk memberikan informasi yang transparan dan jelas tentang bagaimana data Anda digunakan, serta memberikan Anda kendali yang memadai atas informasi Anda.

Harap diperhatikan bahwa Pemberitahuan privasi ini berlaku untuk semua produk dan layanan yang disediakan oleh BRI Life, dan dengan menggunakan produk atau layanan kami, Anda menyetujui praktik yang dijelaskan dalam kebijakan ini.

Kami mengundang Anda untuk membaca dengan seksama Pemberitahuan Privasi BRI Life ini agar Anda memahami hak dan tanggung jawab Anda dalam menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan klarifikasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui informasi kontak yang tersedia.

Terima kasih telah mempercayai BRI Life. Kami berusaha untuk terus meningkatkan layanan kami dan melindungi privasi Anda.

Tujuan dan Ruang Lingkup

Pemberitahuan Privasi ini dirancang dengan tujuan untuk melindungi privasi Anda, pengguna setia layanan kami. Kami memiliki tekad untuk memberikan tingkat transparansi yang maksimal, menjaga keamanan informasi pribadi Anda dengan langkah-langkah teknis dan non teknis sesuai prinsip-prinsip pelindungan data pribadi sehingga dapat dengan mudah memahami bagaimana data pribadi dikumpulkan, digunakan, dan diolah serta memberikan kendali yang cukup kepada data pribadi Anda, memungkinkan untuk mengontrol penggunaan informasi pribadi sesuai dengan preferensi Anda. Kami juga berusaha untuk mematuhi semua peraturan dan undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia berkaitan dengan privasi dan perlindungan data pribadi. Kebijakan ini mencakup seluruh produk dan layanan yang kami tawarkan, menjelaskan pengumpulan data pribadi, penggunaan data, hak dan kewajiban Anda.

Darimana Data Pribadi Anda Diperoleh dan Dikumpulkan

Kami mengumpulkan data pribadi dari sumber umum sebagai berikut :

  • Ketika Anda memberikan informasi tersebut kepada kami secara langsung, (Misalnya : saat Anda mengajukan pertanyaan atau komunikasi melalui informasi kontak yang tersedia)
  • secara tidak langsung saat Anda menggunakan atau mengakses aplikasi, situs web, atau platform media sosial kami
  • Pihak luar/ketiga yang mencakup agen pemasaran, penyedia layanan, institusi keuangan, tenaga medis, lembaga hukum, atau catatan publik
  • Dari broker atau perantara lainnya (misalnya, tenaga pemasar, distributor, mitra bisnis) yang bekerja sama dengan kami untuk menyediakan produk atau layanan atau penawaran kepada Anda atau dari rekanan lainnya setelah mendapatkan persetujuan dari Anda
  • Kuisioner dan detail kontak Anda ketika Anda menghadiri survei, konferensi, roadshow atau ketika Anda memperbarui formulir kontak kami di situs web kami;

Apa saja Data Pribadi yang Diperoleh dan Dikumpulkan

  • Informasi pribadi yang detail dan kontak, seperti nama lengkap, detail kontak dan riwayat kontak, alamat dan surel/email
  • Tanggal lahir, jenis kelamin, dan/atau usia Anda serta Informasi pribadi lainnya seperti foto dan informasi terkait pendidikan Anda
  • Kewarganegaraan, dan salinan identitas Anda, serta rincian di dalamnya (jika relevan dengan produk atau layanan)
  • Rincian dari penerima manfaat, seperti dan dari produk atau layanan kami
  • Anggota keluarga termasuk nama ibu kandung (jika relevan dengan produk atau layanan)
  • Informasi pajak (jika relevan dengan produk atau layanan). Misalnya, untuk kebutuhan akun investasi
  • Catatan komunikasi Anda dengan kami yang tercatat pada nomor telepon layanan pelanggan kami dan, jika Anda menghubungi kami secara online menggunakan layanan online kami atau melalui aplikasi telepon pintar kami, detail seperti data lokasi telepon selular Anda, alamat IP dan MAC Address
  • Produk dan layanan, yang Anda gunakan, serta yang Anda telah minati dan gunakan dan terkait metode pembayaran yang digunakan
  • Penggunaan produk dan layanan kami, setiap klaim dan termasuk apabila klaim itu dibayarkan atau tidak (dan perincian yang berkaitan dengan proses ini)
  • Analisis data yang berkaitan dengan pemasaran yang dibuat untuk Anda, termasuk riwayat komunikasi dan kondisi apabila Anda membuka atau mengklik tautan
  • Informasi tentang produk atau layanan yang Anda gunakan yang dikelola oleh Mitra Pemasaran kami, seperti polis asuransi, tabungan atau layanan dan produk keuangan
  • Informasi tentang catatan kesehatan/medis Anda atau jika Anda adalah pelanggan yang rentan apabila Anda mengajukan permohonan asuransi kesehatan atau jiwa
  • Perincian finansial Anda, seperti pendapatan/gaji Anda dan perincian penghasilan lain, perincian tabungan Anda, perincian pengeluaran Anda, dan metode pembayaran
  • Informasi yang kami peroleh dari pihak ketiga, termasuk informasi tentang risiko asuransi, penetapan harga, riwayat klaim, contoh dugaan penipuan dan riwayat penggunaan
  • Data pribadi yang kami peroleh dari Lembaga Penyedia Referensi Kredit (Bank Indonesia), termasuk publik (misalnya, wanprestasi) dan sejarah kredit bersama, situasi keuangan, dan riwayat keuangan
  • Informasi penipuan, utang, dan pencurian, termasuk perincian uang yang Anda miliki, dugaan penipuan atau pencurian, dan catatan kriminal, termasuk dugaan pelanggaran hukum serta detail perangkat apa pun yang digunakan untuk penipuan
  • Perincian tentang semua pinjaman dan pinjaman Anda yang ada (jika relevan dengan produk atau layanan)
  • Informasi tentang status pekerjaan Anda, jabatan, departemen dan institusi tempat anda bekerja, (jika relevan dengan produk atau layanan)
  • Informasi tentang status kepemilikan properti Anda, seperti apakah Anda penyewa, tinggal bersama orang tua atau pemilik penghuni properti pada saat Anda mengajukan aplikasi kepada kami
  • Status pernikahan Anda, keluarga, gaya hidup atau keadaan sosial (jika relevan dengan produk atau layanan). Misalnya, jumlah tanggungan yang Anda miliki atau jika Anda seorang janda atau duda;

Tujuan Data Pribadi Anda Diperoleh dan Dikumpulkan

Kami, PT Asuransi BRI Life dan Mitra Bisnis kami, akan menggunakan data pribadi dan informasi lainnya yang Anda berikan kepada kami, untuk tujuan berikut:

Tujuan Pemrosesan

Dasar Hukum Pemrosesan

Mengelola administrasi produk dan layanan kami, termasuk memungkinkan kami untuk memenuhi kewajiban kami kepada Anda dan memberikan layanan yang sesuai dengan yang telah diinformasikan sebelum Anda membeli produk atau layanan kami.

Penelusuran melalui agen, melacak perusahaan, atau informasi yang tersedia untuk umum

Dibutuhkan untuk menjalankan perjanjian kami dengan Anda atau untuk mengambil tindakan yang diperlukan sebelum perjanjian ditandatangani.

Penyediaan layanan pelanggan - responsif dalam menjawab pertanyaan atau memberi pemberitahuan ketika terjadi perubahan.

Pengambilan keputusan atau pembuatan profil otomatis.

Menyimpan informasi detail Anda di catatan kami dan menjalankan administrasi bisnis internal lainnya.

Dibutuhkan untuk menjalankan kontrak kami dengan Anda. Setelah kontrak selesai, kami berkepentingan dalam memelihara dan memperkuat hubungan dengan Anda.

Pengalihan data pribadi untuk transaksi bisnis perusahaan seperti merger, akuisisi, konsolidasi, atau penjualan aset kami.

Mematuhi regulasi atau persyaratan hukum lainnya.

Mematuhi kewajiban hukum yang berlaku

Mengelola risiko, mengonfirmasi identitas Anda, pencegahan fraud, transfer administrasi intra BRI Group/pemegang saham, atau memfasilitasi perusahaan yang bekerjasama dengan kami dalam menyediakan layanan yang Anda butuhkan.

Mengadakan analisis statistik, kepentingan audit ataupun berbagi sumber daya seperti infrastruktur dan teknologi baru antar intra BRI Group/pemegang saham.

Kepentingan yang sah kami adalah untuk mengembangkan dan perbaiki produk-produk kami, menyediakan layanan yang memberikan nilai tambah, memajukan pertumbuhan bisnis kami, dan mendapatkan pemahaman tentang penggunaan produk kami.

Kami, PT Asuransi BRI Life, bersama dengan mitra pemasaran kami, akan menggunakan data pribadi yang Anda berikan, bersama dengan informasi tambahan, untuk mengirimkan tawaran pemasaran langsung kepada Anda melalui berbagai saluran, termasuk telepon, surel/email, media sosial, media elektronik, dan surat pos. Kami juga akan mengirimkan Anda informasi tentang produk dan layanan dari pihak ketiga yang dipilih dengan hati-hati melalui surat pos. Dasar hukum untuk pemrosesan ini adalah persetujuan yang Anda berikan.

Kepada siapa kami membagikan data pribadi Anda

Kami dapat membagikan dan mengungkapkan informasi pribadi dan kesehatan Anda kepada :

  • Internal/entitas yang tergabung dalam BRI Group, pemegang saham dan mitra bisnis finansial/kesehatan kami
  • Penyedia layanan pihak ketiga (termasuk tapi tidak terbatas pada perusahaan asuransi, perusahaan reasuransi, tenaga pemasar, kurir, tenaga medis, pengacara, akuntan publik, wali amanat dan pihak ketiga lainnya yang menyediakan administrasi, telekomunikasi, komputer, pembayaran, pencetakan, penukaran, atau layanan lain kepada kami untuk memungkinkan kami mengoperasikan bisnis kami);
  • Perusahaan peninjauan tagihan medis, perusahaan investigasi klaim dan federasi industri, pemegang kebijakan atau investasi bersama Anda, penasihat profesional, dan periset;
  • Lembaga pencegahan kejahatan keuangan, badan hukum, peraturan atau pemerintah (jika dibutuhkan);
  • Keluar Wilayah republik Indonesia selama hal tersebut dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan Layanan Asuransi kepada Pengguna (misalnya Pembelian Produk Asuransi).

Kami dapat memproses data pribadi Anda di negara selain negara tempat Anda tinggal. Sepanjang kami mentransfer data pribadi Anda, kami akan menggunakan pengamanan yang tepat dan dengan mematuhi hukum negara tempat data pribadi Anda ditransfer. Data pribadi Anda hanya akan ditransfer ke lokasi lain, di mana kami yakin bahwa tingkat perlindungan yang memadai tersedia untuk melindungi integritas dan keamanan data pribadi Anda, yang minimal setara atau lebih tinggi dengan yurisdiksi atau wilayah tempat Anda memberikan data pribadi tersebut.

Dimana dan Berapa lama kami menyimpan data pribadi Anda

BRI Life berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi Pengguna sebaik mungkin selama diperlukan untuk memberikan Layanan ini. Beberapa Data Pribadi Pengguna juga dapat dikelola, diproses, dan disimpan oleh mitra kerja sama BRI Life, baik di dalam maupun di luar wilayah Republik Indonesia, untuk memastikan kualitas Layanan tetap mematuhi regulasi yang berlaku. BRI Life akan menyimpan Data Pribadi sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan awal pengumpulan data, selama Pengguna masih menggunakan Layanan, atau sesuai dengan kebijakan retensi data BRI Life dan hukum yang berlaku di Indonesia. BRI Life akan menghentikan penyimpanan Data Pribadi Pengguna atau menghapus cara-cara yang mengaitkan Data Pribadi dengan Pengguna ketika dianggap tidak ada lagi tujuan yang membenarkan penyimpanan data tersebut, dan penyimpanan tersebut tidak diperlukan lagi berdasarkan pertimbangan hukum dan bisnis.

Apa saja Hak Akses Data Pribadi Anda

Kami menghormati data pribadi Anda, dan Anda memiliki hak-hak berikut ini tentang cara kami menggunakan informasi Anda:

  • Hak Anda untuk mengakses data Anda memiliki hak untuk memeriksa apakah kami menyimpan data pribadi tentang Anda, dan Anda dapat meminta salinan data tersebut dan informasi tentang bagaimana kami menggunakannya
  • Hak Anda untuk memperbaiki data apabila rincian pribadi Anda telah berubah, atau Anda meyakini bahwa kami memiliki informasi yang salah atau usang (out-of-date) mengenai Anda, Anda dapat meminta kami untuk memperbaruinya.
  • Hak Anda untuk menghapus data Anda dapat meminta kami untuk menghapus data pribadi Anda agar data tersebut tidak dapat lagi mengidentifikasi Anda. Namun demikian, kami mungkin memerlukan informasi pribadi tertentu untuk menyediakan produk dan layanan kami kepada Anda
  • Hak Anda untuk membatasi atau menolak pemrosesan Anda dapat meminta kami untuk berhenti menggunakan data Anda atau mengubah cara kami menggunakannya. Namun demikian, kami mungkin memerlukan informasi pribadi tertentu untuk berinteraksi dengan Anda atau menyediakan produk dan layanan kami kepada Anda.
  • Hak Anda untuk menolak pengambilan keputusan otomatis Anda dapat meminta kami untuk meninjau kembali keputusan yang dibuat semata-mata melalui pemrosesan otomatis apabila keputusan tersebut berdampak negatif terhadap Anda.
  • Hak Anda atas portabilitas data Anda dapat meminta kami untuk memberikan data pribadi Anda kepada organisasi lain dalam format yang dapat dengan mudah dibaca oleh mesin.
  • Hak Anda untuk tidak memberikan atau mengubah atau menarik persetujuan - kami dapat dari waktu ke waktu meminta persetujuan Anda untuk memproses data pribadi Anda. Anda dapat memilih untuk tidak memberikan persetujuan tersebut atau memberi tahu kami kapan pun apabila Anda berubah pikiran tentang persetujuan yang telah diberikan. Namun demikian, kami mungkin tidak dapat menyediakan produk dan layanan kami atau terlibat dengan Anda tanpa data pribadi tertentu.
  • Hak Anda untuk menarik diri dari pemasaran langsung - Anda dapat menarik persetujuan Anda dan memberitahu kami untuk berhenti mengirimi Anda surel pemasaran atau undangan survei kapan pun

BRI Life berkomitmen untuk memenuhi hak Anda untuk mengakses Data Pribadi Anda yang dikumpulkan dan diproses oleh BRI Life. Dalam memenuhi permintaan akses ke data pribada Anda, BRI Life dapat menolak permintaan anda apabila BRI Life menemukan bahwa permintaan ke Data Pribadi Anda memenuhi salah satu atau beberapa kondisi, berikut ini:

  1. Membahayakan keamanan atau kesehatan fisik atau kesehatan mental Pemilik Data Pribadi dan/atau orang lain
  2. Berdampak pada pengungkapan data Pribadi milik orang lain; dan/atau
  3. Bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional
  4. Masih terdapat kewajiban, sengketa ataupun tanggung jawab yang belum terselesaikan permintaan penghapusan data tidak dapat dipenuhi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan permintaan akses data pribadi Anda, Anda dapat menghubungi saluran komunikasi yang tersedia berdasarkan Pemberitahuan Privasi ini.

Informasi Tentang Data Pribadi Anak

BRI Life memahami pentingnya melindungi data pribadi anak, kami tidak akan melakukan pemrosesan data pribadi yang menggunakan produk atau layanan BRI Life bila berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun dan belum menikah berdasarkan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi No.27 Tahun 2022. Jika anda berusia di bawah 18 (delapan belas) tahun dan belum menikah, anda harus memperoleh persetujuan dari Orang Tua dan/atau Wali Anak yang sah untuk memberikan data pribadi kepada kami. Kami akan menutup atau membatalkan pemrosesan data, apabila data tersebut dikumpulkan tanpa wewenang yang benar.

Peninjauan Referensi

pada produk tertentu, kami dapat bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membantu memeriksa identitas Anda, serta untuk mencegah penipuan dan pencucian uang; ini mungkin termasuk pemeriksaan pada alamat Anda saat ini atau sebelumnya. Hasil ini dapat direkam untuk digunakan sebagai referensi pada masa mendatang.

Pemeriksaan ini juga dapat dilakukan untuk memenuhi kepentingan investor dana, pemegang polis bersama atau orang yang Anda berikan data pribadi. Jika kami kehilangan kontak dengan Anda, kami dapat menggunakan agen-agen ini dalam memverifikasi identitas Anda untuk membantu kami terhubung kembali dengan Anda.

Penggunaan Data Pribadi Anda untuk membuat keputusan atau profil otomatis

Kami, PT Asuransi BRI Life, Mitra Bisnis kami, dan Mitra Pemasaran kami dapat menggunakan data pribadi Anda untuk membuat keputusan otomatis yang memengaruhi Anda atau untuk melakukan profiling lain (misalnya, profil pemasaran).

Mengambil tindakan atas nama orang lain?

Jika Anda membagikan kepada kami data pribadi seseorang, pastikan Anda telah mendapatkan izin dan otorisasi yang diperlukan dari mereka untuk bertindak atas nama mereka. Ini mencakup persetujuan untuk:

  • Mengizinkan kami untuk memproses data pribadi mereka, termasuk data sensitif
  • Mendapatkan pemberitahuan perlindungan informasi atas nama mereka.

Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan apakah Anda memiliki izin yang tepat untuk memberikan kami informasi tentang orang lain, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui alamat email yang tertera di bawah sebelum Anda membagikan informasi tersebut. Ini adalah langkah penting untuk menjaga privasi dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Penggunaan Data Pribadi Anda dalam kegiatan Pemasaran Langsung

Berdasarkan persetujuan Anda dengan memberikan informasi pemberitahuan privasi tambahan sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku, menggunakan rincian kontak Anda untuk mengirimkan Anda komunikasi pemasaran yang relevan (seperti melalui pos, surel, telepon, SMS, aplikasi seluler, atau media sosial) untuk tujuan pemasaran langsung.

Kami dapat mengirimkan jenis pesan sebagai berikut (kecuali Anda telah memberitahu kami bahwa Anda tidak ingin menerima pesan tersebut);

  • berita, penawaran dan promosi mengenai produk dan layanan kami atau Grup BRI Life lainnya
  • informasi mengenai produk dan layanan dari atau yang berkaitan dengan pihak ketiga, seperti lembaga keuangan, asuransi, perusahaan kartu kredit, sekuritas dan investasi, dompet digital dan penyedia layanan pembayaran digital
  • rincian program hadiah, loyalitas, atau keistimewaan pihak ketiga kami atau pihak ketiga yang relevan serta layanan dan produk terkait
  • informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh mitra co-branding kami (nama-nama mitra co-branding tersebut dapat ditemukan dalam formulir aplikasi untuk produk dan layanan yang relevan, tergantung pada kondisi yang ada)
  • riset pasar dan survei kepuasan pelanggan
  • informasi tentang kompetisi dan undian berhadiah kami atau pihak ketiga yang relevan
  • permohonan dari kami atau pihak ketiga yang relevan untuk memberikan sumbangan, sponsor dan kontribusi amal dan/atau nirlaba (non-profit)
  • informasi dan pesan yang berkaitan dengan seminar, webinar dan acara atau peluang lain yang relevan dari kami atau pihak ketiga yang relevan.

Kami dapat melakukan riset pasar menggunakan analisis demografis dan wawasan dengan menggabungkan data pribadi yang kami miliki tentang Anda untuk menyediakan pesan-pesan pemasaran yang lebih relevan dan disesuaikan untuk Anda.

Kami dapat membagikan informasi terbatas tentang Anda kepada penyedia platform media sosial yang bekerja sama dengan kami untuk tujuan periklanan media sosial daring di mana Anda telah mengizinkan kami dan penyedia platform media sosial untuk menggunakan cookie yang mendukung pemasaran kami pada platform tersebut. Sebagai contoh, untuk memeriksa apakah Anda memiliki akun pada penyedia platform media sosial untuk meminta mereka menampilkan pesan komunikasi pemasaran yang lebih relevan kepada Anda mengenai produk dan layanan kami atau untuk mengecualikan Anda dari menerima iklan produk dan layanan kami yang sudah Anda gunakan. Anda dapat menarik persetujuan Anda atau memilih untuk tidak menerima pesan-pesan pemasaran tersebut sesuai dengan hak Anda dengan menghubungi kami menggunakan rincian di bagian 'Cara menghubungi kami' di bawah ini.

Tautan Eksternal

Jika pada bagian dari situs web ini yang berisi tautan ke situs web lain, situs tersebut mungkin tidak beroperasi berdasarkan pemberitahuan privasi ini. Anda disarankan untuk memeriksa kembali pemberitahuan privasi di situs web tersebut untuk memahami kebijakan mereka tentang pengumpulan, penggunaan, penyimpanan, transfer, dan pengungkapan data pribadi.

Perubahan Pemberitahuan Privasi

BRI Life berhak, setiap saat dan tanpa pemberitahuan sebelumnya, menambah, mengubah, memperbarui, atau memodifikasi pernyataan privasi ini, hanya dengan memberitahu Anda tentang perubahan, pembaruan, atau modifikasi tersebut. Jika kami memutuskan untuk mengubah kebijakan data pribadi kami, perubahan tersebut akan diberitahukan di situs web kami sehingga Anda selalu mengetahui informasi apa yang kami kumpulkan, bagaimana kami menggunakan informasi tersebut dan dalam keadaan apa informasi tersebut diungkapkan. Setiap perubahan, pembaruan, atau modifikasi tersebut akan berlaku segera setelah diposting. Jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku, kami juga dapat memberitahu Anda jika terjadi perubahan material pada pernyataan privasi ini dan, jika diperlukan, meminta persetujuan Anda untuk perubahan tersebut.

Bahasa

Pemberitahuan Privasi ini disusun dan diterbitkan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Pengguna dapat menemukan bahasa yang berbeda untuk pemberitahuan privasi ini ketika Pengguna mengganti pengaturan bahasa di situs web atau aplikasi BRI Life. Jika terjadi ketidaksesuaian antara kedua bahasa ini, versi bahasa Indonesia yang berlaku.

Cara Menghubungi Kami

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang Pemberitahuan Privasi ini, Anda dapat menghubungi kami melalui informasi kontak berikut:

  • Contact BRI Life : 1500 087
  • Email: cs@brilife.co.id
  • Whatsapp: 0811-935-0087 (text only)

Apabila Anda ingin melaksanakan hak perlindungan data pribadi Anda, Anda dapat menghubungi Pejabat Privasi Data kami di data.privacy@brilife.co.id Atau melalui pos di:

BRI Life Graha Irama

Jl. H.R.Rasuna Said Blok X-1 Kav 1 & 2

Jakarta 12950

Himbauan

JANGAN BERIKAN DATA BERUPA USERNAME & PASSWORD ANDA KEPADA PIHAK YANG TIDAK BERKEPENTINGAN. MOHON PASTIKAN ANDA SELALU MEMPERBARUI PASSWORD SECARA BERKALA DAN GUNAKAN KOMBINASI BERUPA ANGKA, SIMBOL, HURUF BESAR & KECIL.